Selasa, 29 Januari 2013

Indahnya Halaqah

My Murabbi pernah berkata, " Tidak segala-galanya dimulai dari halaqah, tetapi segala-galanya bisa dimulai dari halaqah."

Assalamu'alaikum sahabat! What's going on today?

Pernah tau tentang halaqah, liqo atau LQ (el-qi)? Semacam apa itu yah? Tenang, hari ini baraah dengan senang hati akan mengupas tuntas masalah halaqah/liqo/LQ sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang udah baraah dapat. Selamat menyaksikan, eps, membaca yaa? ^_^


Halaqah itu adalah pertemuan atau perjumpaan guna membahas pengetahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan Islam yang bertujuan untuk membina,  membimbing, mengingatkan, memberi wawasan, dan memotivasi anggotanya agar tetap istiqamah pada jalan yang diridhai oleh Allah SWT. Nah, karena tujuannya membina, maka wajiblah di dalam halaqah ini ada pembina, atau di sebut sebagai murabbi, yang memberikan tarbiyah(pendidikan) kepada anggota-anggotanya sehingga diharapkan nantinya mereka menjadi insan yang beriman, bertaqwa dan berkompetensi di lingkungan sosialnya.


Naah, halaqah biasanya terdiri dari sedikitnya 2 orang dan sebanyak-banyaknya biasanya 12 orang. Tapi halaqah yang nyaman menurut baraah adalah yang tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu ramai juga. Halaqah biasanya diadakan seminggu sekali atau sedikitnya sebulan sekali. Setiap pertemuan, murabbi akan memberikan materinya. Jika ada yang kurang mengerti, maka pertanyaan bisa ditanyakan ketika murabbi sudah selesai menyampaikan materinya. Materi halaqah biasanya tentang dinul islam seperti ma'rifatullah (mengenal Allah), ta'rifur rasul (mengenal rasul), malaikat, para nabi, hari kiamat, qadha dan qadar, ukhuwah, mahabbah, motivasi dalam ibadah, manajemen hati, dsb. Halaqah juga akan diisi dengan tausiyah (pencerahan) yang akan disampaikan oleh anggota yang mendapat giliran untuk menyampaikan tausiyah. Tausiyah biasanya disampaikan sebelum murabbi menyampaikan materinya.


Well, ngak cuman itu aja kegiatan yang ada di halaqah, sahabat. Banyak kegiatan lainnya yang pastinya bermanfaat dan akan membuatmu merasa betah sehingga kamu tak ingin meninggalkan halaqahmu. Tapi tergantung juga sih, sama murabbi yang jadi pembina dalam suatu halaqah. Jika beliau pandai dan kreatif dalam memanajemen halaqahnya, maka insya Allah, halaqahnya akan berhasil menghasilkan kader-kader yang bisa dipakai untuk meneruskan dakwah Rasulullah saw.

Contoh kegiatan-kegiatan lain itu adalah seperti daurah manzili. Daurah manzili ini adalah kegiatan untuk mengasah keterampilan, misalnya memasak, menjahit, mengedarai motor bagi anggota yang belum bisa berkendara dengan motor, membuat bros, menanam pohon, olahraga, senam dan kegiatan-kegiatan lain sejenis itu. Terus, selama halaqah, kita tidak hanya berkutat pada materi yang diberikan oleh murabbi, di halaqah ini kita bisa sharing ilmu, saling memberi kabar iman, hati, keluarga, curhat, dan makan bersama. Di sini kita juga bisa makan-makan (tentunya makanan yang disediakan atau yang dibawa sendiri, - mana mungkin makanan yang dicolong kan! hehe-) seperti makan nasi, manisan, asinan, pahitan pun boleh kalau ada. Hehe. bebas pokoknya, tetapi tetap syar'i.


Hal bermanfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan di halaqah adalah pengetahuan tentang tafsir ayat al quran, hafalan hadis dan surat. Minimal juz amma dan hadis arbain kamu harus bisa menghafalnya melalui halaqahmu. Tapi, tidak dipaksakan juga, sesuai dengan kemampuanmu. Kamu, yang jelas harus bisa menambah hafalanmu, setidaknya kan, ada sesuatu yang melekat dalam ingatanmu melalui halaqah ini.


Well, pada akhirnya, halaqah ini adalah komunitas terhebat dalam hal menjalin ukhuwah islamiyah. Yupz, halaqah adalah tempat untuk mengenal lebih dekat sosok seorang saudara seiman. Teman kita di halaqah tak hanya menjadi teman, tetapi juga menjadi saudara dan sahabat bagi kita. Dan murabbi kita, menjadi ibu kedua bagi kita. Inilah keindahan halaqah yang paling kurasakan. Terutama, bagi seorang perantau sepertiku, yang keluarganya nun jauh di sana. Halaqahku adalah keluargaku di sini. Ukhuwaaaah, ooooh indahnyaa... :)

Ssssssttt...
Mau tahu suatu rahasia?
Tapi hanya antara kamu dan baraah ya?
Halaqah itu, "kata sebagian orang" juga bisa jadi ajang mencari jodoh.
Ah, yang betul? Masa iya sih? Di halaqah perempuan kan ngak ada yang namanya "laki-laki".
Aiiishh, bukan begitu caranya cari jodoh di sini. Gini, kalau kamu merasa sudah siap untuk nikah, tinggal bilang nih sama murabbimu, trus dicariin deh, kali aja suaminya atau teman suaminya atau saudaranya atau teman saudaranya atau temannya temannya punya teman atau binaan yang sedang menjari belahan jiwa juga. Kalau ada, taaruf, cocok, nikah deh. No pacaran. Kalau ngak cocok, bersabar lagii... Ngak pa pa, semua akan indah pada waktunya^_^
But, itu hanya bumbu-bumbu aja kok. Bukan berarti itu termasuk salah satu tujuan dalam halaqah lhoo... hehehe...

So, kesimpulannya apa, girl?
Berhalaqahlah, karena sejatinya kita manusia tempatnya salah, pastinya kita selalu butuh bimbingan dan dorongan agar tetap istiqamah pada jalan-Nya. Di sana kamu bisa memulai banyak hal yang bermanfaat, dan mengamalkannya secara berkesinambungan dalam hidupmu. Ingatlah! Waktu akan meminta pertanggungjawaban atas dasar untuk apa sajakah kita menggunakannya. Dan Allah mencintai orang-orang yang menyucikan diri. Mari kita sucikan diri kita melalui halaqah. Hamasah!

Wuuuuaaah... Panjang kali lebar nih ceritanya...
Ya udah deh, sekian dulu. Dari pada blog ini kebasahan terkena muncratan saking berbuih-buihnya pembicaraan baraah, lebih baik baraah akhiri, billahi taufiq wal hidayah, wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh. Tetap semangat, sahabat! ^_^




With Love 
Baraah ^_^ 

9 komentar:

  1. Assalamu'alaykum,makasi tuk info na ukh

    BalasHapus
  2. Wa'alaykum salam... sama-sama ukh :)

    BalasHapus
  3. Assalammu'alaikum .. Terima kasih utk infonya,,tp knp jumlah org nya terbatas??

    BalasHapus
  4. Waalaikumsalam. sebenarnya ngak ada batas siih,,, Saya yang iseng memberi batas gitu aja... huhu

    BalasHapus
  5. berdsarkan kebiasaan jumlah anggota yang ada di halaqah2... :)

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum syukron atas infox...

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum .makasih atas infonya menambah pengetahuan dan wawasan saya sekali ....

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum Kak, makasih banyak infonya ya. aku adalah pembaca baru, lagi nyari tentang arti halaqah dan muncul postingan ini. Sangat bermanfaat dan memberi wawasan yang lebih luas lagi tentang halaqah. Semoga kesediaan kakak berbagi ilmu ini mendapat balasan dari Allah SWT. ^^

    BalasHapus

Orang bijak tinggalkan jejak :)

Masukan dan kritikan yang baik dan membangun sangat ana harapkan dari Anda. Silakan di koment ^_^