Kamis, 09 November 2017

Makna Ketidakmudahan

Ketika sebuah ketidakmudahan muncul di koridor perjalanan hidup, jangan panik dan bersedih. Karena ketidakmudahan itu fitrah. Ketidakmudahan pasti ada. Dan kehadirannya itu sangat patut dimaklumi.

Ketidakmudahan adalah bumbu kehidupan. Kita tidak akan merasai nikmatnya sebuah hasil jika proses berjalan mulus-mulus saja. Ketidakmudahan inilah yang memberi makna lebih bagi sebuah hasil. Tentu saja jika ketidakmudahan ini bisa dilalui dan diatasi dengan baik.

Banyak yang menamakan ketidakmudahan sebagai kesulitan, itu benar. Ada pula yang menyebutnya sebagai tantangan. Itu juga tidak salah. Tapi, dari cara kita menamakannya, ada sense tertentu yang hadir. Sebuah ketidakmudahan apabila disebut sebagai kesulitan, bermakna lebih negatif dari pada disebut sebagai sebuah tantangan. Karena tidak semua orang mengatakan ketidakmudahan sebagai sebuah tantangan. Hanya orang-orang yang penuh semangat, percaya diri, dan optimislah yang menyebut ketidakmudahan ini sebagai tantangan. Begitulah kira-kira menurut pendapat penulis.

Mau tidak mau, sebuah ketidakmudahan harus dihadapi. Dan menghadapi sebuah ketidakmudahan bukan hanya tentang mencari tahu mengapa ketidakmudahan itu terjadi, tetapi juga menemukan solusi. Tidak perlu menyibukkan diri mempertanyakan, "Mengapa begini? Mengapa tidak seperti itu?" Tapi sibuklah bertanya, "Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?" Seperti itulah kira-kira.

Bersyukurlah. Karena banyak sekali hikmah yang bisa dipetik dari sebuah ketidakmudahan. Bisa jadi, tanpa ketidakmudahan, tidak ada kemajuan yang berarti, tidak ada perkembangan, kita tidak menjadi lebih dewasa, dan kita tidak akan pernah belajar dari masa lalu.

Maka secara tidak sengaja, benak kita akan menyimpulkan satu hal, bahwa ketidakmudahan itu hakikatnya adalah sarana. Sarana untuk menuju kemajuan dan hasil yang memuaskan.

Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Orang bijak tinggalkan jejak :)

Masukan dan kritikan yang baik dan membangun sangat ana harapkan dari Anda. Silakan di koment ^_^