Kamis, 15 Mei 2014

Beli Buah? Kenali Cirinya Biar Ngak Kecewa

Suatu hari.
Dari kejauhan mataku kehijauan memandang deretan semangka. Menggoda banget, apalagi kalo cuaca lagi panas. Dengan wajah sumringah, kuhampiri si penjual semangka yang lagi asik mengipasi diri dengan handuk good morning-nya.
“Bang, semangka berapa sekilo?” tanyaku.
“Empat ribu lima ratus, Dek Noeng,” jawab si abang. Aku jadi sedikit lesu.
“Mahal amat bang. Bukannya dua ribu lima ratus, kemarin itu harganya segitu,” tawarku.
“Waah, ngak lah Dek. Sekarang semangka lagi langka. Yang non biji aja udah enam ribu lima ratus perak Dek sekilonya,” bantah si abang.
Idih! Kita kan ngak tanya yang non biji yaa? Gak sanggup beli T_T
Akhirnya setelah memilih-milih, aku mengambil semangka yang beratnya  4 kg untuk kubawa pulang. Well, aku yakin isinya pasti merah, secara semangkanya gede gitu loh.

Sesampainya di rumah. Kubelah semangka dengan hati-hati. “Hai, apa kabar?” daging semangka menyapaku. Huaaaa! Ternyata isinya pink muda saudara-saudara, bukan merah apa lagi merah tua. Aku kecewa. Sangat. Meski akhirnya kutelan jua sekalian dengan rasa kecewa itu. Dramatis amat yaa? 



Cerita di atas hanya ilustrasi saja… Tapi benaran itu adalah pengalaman saya. Sebagai seorang penggemar buah-buahan, saya  mestinya jeli membedakan bagus tidaknya isi buah yang akan saya beli, supaya tidak muncul kekecewaan di kemudian hari.

At last, berdasarkan data yang saya peroleh dari orang-orang terdahulu –maksud saya, orang tua-tua-  dan saya ambil juga beberapa dari pengalaman pribadi saya, berikut saya simpulkan beberapa tips membeli buah-buahan sesuai dengan jenis buahnya. Supaya apa? Supaya para pembeli seperti kita tidak tertipu oleh penampilan luar si buah yang tidak mencerminkan isi di dalamnya. Dan supaya tidak ditipu penjual tentunya sehingga kepuasan kita pun terpenuhi.

 Semangka


Ciri-ciri semangka yang sudah tua/merah :

  •  Garis-garis hijau tua pada semangka  letaknya jarang satu sama lain
  • Tangkainya kering
  • Ketika di ketuk, suaranya menggema, menandakan semangka itu masih segar
  • Lihat bulatan pada ujung buahnya, bentuknya kecil. 
Kalau mau yang perfect merahnya, keempat ciri-ciri di atas harus terpenuhi.

Pisang


Ciri-ciri pisang  masak dan manis :

  •   Bentuk buah bulat dan ujungnya tidak bersegi
  •  Warnanya kuning agak keorenan, bukan kuning muda. Warna kuning muda menandakan pisangnya dikarbit, bukan diperam secara alami.
  • Pencet sedikit, kalau keras, jangan beli. Bisa-bisa isinya bantet.

Salak


Ciri-ciri salak manis :
  •  Warna dasar/pantat  salak hitam kecoklatan. Kalau coklat kekuningan tanda salaknya belum tua
  •   Pilih yang bijinya tunggal/ satu biji
  •  Salaknya ringan
  •  Kulitnya mudah dilepaskan.

Pepaya

Ciri pepaya segar dan manis :
  •   Tekstur kulitnya rata dan mulus
  •  Warnanya keorenan, bukan kuning
  •   Agak keras, menandakan pepayanya masih segar.
  •   Lihat tangkai/ bekas tangkainya, segar/tidaknya tangkai menentukan segar/tidaknya buah pepaya

Mangga

Ciri mangga manis adalah aromanya, mangga yang sudah masak dan manis beraroma manis dan tidak ada aroma getah mangga, dagingnya berwarna oren cerah. Pastika tidak ada rongga sekecil apapun, bisa jadi ada penghuninya.

Jeruk

Ciri jeruk manis : memiliki kulit yang mengkilat dan tipis serta berwarna oren.


Naaaah, gampangkan?  Insya Allah tak kan ada lagi kekecewaan saat beli buah. And yuk, rajin makan buah! Sehat banget lho! Plus, yummy… ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Orang bijak tinggalkan jejak :)

Masukan dan kritikan yang baik dan membangun sangat ana harapkan dari Anda. Silakan di koment ^_^