Kamis, 25 April 2013

Qur'an Aplikasi Forum (QAF)

Assalamu'alaikum, semoga semuanya dalam keadaan sehat baik jiwa, raga maupun iman. :)

logo QAF
Kali ini baraah akan mengulas tentang QAF, sebuah organisasi mahasiswa yang ada di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-raniry, Banda Aceh. QAF  yang merupakan akronim dari Qur'an Aplikasi Forum adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang keislaman khususnya mengkaji  dan mengaplikasi ilmu-ilmu yang ada di dalam Al-Quran. Selain itu QAF juga merupakan organisasi yang di dalamnya berkumpul para hafidh dan hafidhah al-Quran yang sebagian besar dari mereka merupakan warga masyarakat IAIN ar-Raniry.



Dalam perjalanan kariernya, QAF telah mengadakan banyak program-program bagi mahasiswa dan umum antara lain seminar-seminar dan kajian-kajian yang mengkaji tentang al-Quran dan fenomena masyarakat kini yang semakin lama semakin jauh dari al-Quran. Beberapa bulan yang lalu QAF mengadakan seminar untuk mahasiswa yang bertema "Back to Qur'an". Di samping itu, QAF juga mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengasah bakat dan minat dalam bidang-bidang tertentu yang berhubungan dengan al-Quran, misalnya tahfidh (menghafal al-Quran), tahsin (membanguskan bacaan dalam membaca al-Quran), tilawah (seni membaca al-Quran), khattil (seni menulis al-Quran), syarhil (pidato), serta M2KQ (menulis kandungan al-quran). Keenam kegiatan ini dirangkum dalam satu program tahunan yang dinamakan dengan Madinatul Quran. Di tahun sebelumnya, program ini menyandang nama Madrasah Qur'an.

Nah, kegiatan QAF yang sedang hangat-hangatnya di kalangan mahasiswa IAIN sekarang adalah Madinatul Quran. Semenjak awal Maret 2013, kegiatan ini telah diresmikan dan selama tiga bulan ke depan program Madinatul Quran akan berlangsung secara berkesinambungan. Setiap divisi dari program Madinatul Quran akan mengadakan kelasnya masing-masing dan menetapkan jadwal khusus sekali dalam seminggu. Seperti misalnya, divisi tahfidh mengadakan kelas setiap hari Sabtu bertempat di Masjid Fathun Qarib IAIN ar-Raniry.

Setiap tahunnya juga, QAF akan mengadakan Open Recruitmen bagi mahasiswa/i yang ingin bergabung dan memperdalam pemahamannya tentang al-Quran. Jadi, bagi kamu kamu yang ingin bergabung, ikuti terus perkembangan dari QAF. :)

Dibawah ini foto-foto kegiatan QAF

salah satu karya anak QAF

OR tahun 2012

tahfidh putri

ustazh sedang mengajarkan khat

belajar khat itu menyenangkan

semuanya menaruh perhatian pada tulisan ustaz

kelompok tahsin putra di masjid Fathun Qarib


Seminar Back To Quran

Akh Hanafi sedang memberi Sambutan

Ustazah sedang menyimak hafalan

Peserta Madinatul Quran sedang mengisi Angket

Semangat dunk!

ngisi angket

Insya Allah berhasil semua

ngisi angket sambil dibagi snack





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Orang bijak tinggalkan jejak :)

Masukan dan kritikan yang baik dan membangun sangat ana harapkan dari Anda. Silakan di koment ^_^