Senin, 06 Mei 2013

Kenapa Negara Kita Lamban dalam Kemajuan

Hai, sobat! Kaif halukum? Semoga kita selalu dalam lindungan kasih dan sayang dari Allah.

Okay, sekarang pembahasan kita adalah tentang salah satu penyebab kenapa negara kita tidak maju-maju. Ini menurut opini aku yaaa... Mudah-mudahan bisa menjadi opini kita semua. So, let's start!

Negara kita terkenal dengan keindahan alamnya beserta berbagai kekayaan yang ada di dalamnya. Mulai dari emas, besi, gas, dan benda-benda penting lainnya yang sangat dibutuhkan dunia. Namun, sayang sekali, dari dulu hingga kini, kebanyakan orang yang mengelola kekayaan alam kita adalah orang-orang luar negeri alias orang asing. Kita, bangsa Indonesia kebanyakan hanya menjadi buruh atau pekerja di ladang milik sendiri. Kalaupun ada beberapa orang pribumi yang bisa mengelola kekayaan alam, mereka tidak punya alat untuk mengolahnya, jadi, pilihan yang mereka ambil adalah mengekspor bahan mentah yang didapat di alam. Nah, selanjutnya setelah diolah dan diproses diluar, giliran kita yang mengimpor kembali dengan harga yang lebih mahal. Contohnya BBM.



Itu baru satu hal. Penyebab lainnya adalah, sistem pendidikan kita yang sangat menyiksa. Wah, selama hidup seorang siswa, minimal setahun sekali ia harus mengikuti 2 kali ujian resmi. Belum lagi bagi siswa yang ingin menamatkan sekolahnya pada jenjang pendidikan tertentu harus mengikuti Ujian Nasional. Bayangkan, betapa stresnya generasi muda kita. Ujian Nasional itu bagaikan momok mengerikan bagi mereka. Hingga akhirnya, timbul berbagai macam kecurangan dalam menjawab soal ujian Nasional. Alih-alih pemerintah ingin mencetak generasi cerdas dan terakreditasi melalui Ujian Nasional, pada kenyataannya, yang kita dapati adalah generasi yang tidak jujur dan minim moral. Harusnya, kita bisa belajar dari negara-negara yang memang sudah maju pendidikannya, dimana hak-hak dan kewajiban siswa betul-betul direalisasikan dan mereka diberikan kebebasan dalam berpendapat dan bebas belajar sesuai bakat dan minatnya masing-masing tanpa ada prioritas berlebihan layaknya pelajaran-pelajaran yang di-UAN-kan. Jika memang pemerintah ingin mewujudkan pendidikan yang ujiannya terakreditasi, sebaiknya mereka membentuk lembaga-lembaga tertentu yang berwenang khusus untuk mengelola hal ini dan betul-betul bisa mengelola secara baik dan benar.

Penyebab ketiga, minimnya perubahan pola pikir untuk maju di kalangan masyarakat, terutama dalam bidang kebersihan. Masyarakat Indonesia masih suka membuang sampah sembarangan, padahal jelas-jelas mereka mengetahui bahwa kebersihan itu amat penting. Mereka masih menganggap bahwa tugas menjaga lingkungan umum hanyalah tugasnya petugas kebersihan semata. Mereka bukan petugas kebersihan jadi mereka lepas tanggung jawab untuk menjaga kebersihan. Well, ini adalah pemikiran paling fatal yang membuat negara Indonesia yang tidak maju menjadi semakin tidak maju. Coba bayangkan, jika memang negara kita tidak maju, setidaknya negara kita mencerminkan suatu kemajuan, paling tidak di bidang kebersihan. Negara maju adalah negara yang bersih. Jadi, ayo kita mulai kemajuan di negara kita dengan meningkatkan kebersihan di lingkungan pribadi maupun lingkungan umum.

Jadi, itulah sekilas opini Baraah, semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Orang bijak tinggalkan jejak :)

Masukan dan kritikan yang baik dan membangun sangat ana harapkan dari Anda. Silakan di koment ^_^