Kamis, 04 April 2013

Tips Melewatkan Waktu Penantian

"Sebentar, ya? Lima menit lagi"
"Kamu tunggu di sini, ya? Aku mau beli rujak dulu di sana".
"Kami dalam perjalanan ni, kamu tunggu di situ, ya?"

...
...
...
... (Menunggu)

Setelah 5 menit.
Mereka semua datang.
"Kemana aja sih? @#@$!%!^!*@&#^*&# (Merepet tidak jelas)



***

Cuma lima menit. Hanya karena ia menunggu, maka seolah lima menit itu satu jam, sehari, seminggu, bahkan setahun, atau mungkin ada yang bilang, seabad (fobia menunggu kalee yaa?).

Kenapa bisa demikian?
Jawabannya simpel : karena ia hanya menunggu tanpa memaknai menunggu itu sendiri.


Dear, makna dari sebuah penantian adalah sabar. Ketika kamu menunggu seseorang, pahamilah dari awal bahwa kamu sedang bersabar atas sebuah penantian. Ketika sedang menunggu, berarti kamu sedang bersabar. Kamu sedang berjuang untuk bersabar dan berjanji pada diri sendiri, kamu akan menang. Misalnya, kemarin kamu telah menunggu seseorang selama 10 menit, berarti kamu sudah bersabar selama 10 menit, clear, kamu menang. Hari ini, kamu menunggu seseorang tanpa tenggang waktu, jadi, kamu membuat target, berapa lama pun kamu akan menunggu hari ini, kamu harus menunggu, kamu harus menaklukkan penantian hari ini dan menjadi pemenang seperti kemarin.

Next, menunggu tidak bermakna kamu berdiri kaku seharian di parkiran menunggu dijemput. Kamu bisa melakukan hal-hal menyenangkan sembari menunggu. Berbicara dalam hati, berpikir, atau bahkan makan cemilan. Kamu bebas melakukan apa saja selama menunggu, mendengarkan musik, menulis, membaca, berdoa, bermain, jalan-jalan dan lain-lain. Jangan fokuskan pikiranmu pada waktu penantian, tapi fokuskan pikiranmu pada hal-hal yang bisa kamu lakukan saat menunggu.

Dan lagi, nikmati suasana dan hal-hal kecil. Kapan lagi kamu bisa menikmati hal-hal kecil seperti angin yang bertiup, suara sesuatu, pemandangan sekitar, realitas yang terjadi di kiri-kananmu, saat penantian adalah saat yang tepat. Kamu bisa membunuh waktumu dengan memikirkan hal-hal menyenangkan yang ada di dalam kepalamu. Ini saat yang tepat! Pergunakan waktu menunggumu dengan hal-hal bermanfaat.

And, the last one. Kita sebagai orang muslim, waktu menunggu adalah waktu yang bagus untuk bertasbih, berzikir, muraja'ah dan membaca al-Quran. So, banyak hal kan yang bisa kita lakukan saat menunggu. Just enjoy it! Jangan kusutkan pikiranmu dengan waktu penantian yang tiada akhir. :)

Stay smile!

gambarnya sedikit tidak nyambung, hehe!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Orang bijak tinggalkan jejak :)

Masukan dan kritikan yang baik dan membangun sangat ana harapkan dari Anda. Silakan di koment ^_^