Rabu, 06 Agustus 2014

Jika Aku Mati...

Sebenarnya, sudah lama ingin menulis tentang ini. Hanya sajaa... Ah, sudahlah...

Tulisan ini tertuju kepada diriku sendiri, keluarga, orang terdekat, sahabat, teman, tetangga, dan semua orang muslim yang ada di dunia ini, karena aku tak tahu di mana tanah tubuhku berasal, maka aku tak tahu dimanakah aku akan dikebumikan kelak. 

Jika aku mati nanti, apa yang kurasakan? Akankah perasaanku sama seperti saatku hidup? 

Jika aku mati nanti, 3 hal yang paling kutakutkan. Sakaratul maut, suul khatimah dan azab kubur. Yaa Allaaah, mudahkan segalanya, berikan aku husnul khatimah dan jauhkan aku dari azab kubur.

Jika aku mati, lakukan untukku 4 hal : mandikan aku, kafani aku dengan 5 lapis kain kafan sederhana, shalatkanlah aku, ajaklah orang sebanyak-banyaknya untuk menyalatkanku dan terakhir kuburkan aku. 

Jika aku mati, doakan aku. Setidaknya, doakan aku. Dan jika kamu mampu dan ikhlas, bacalah al-ikhlas dan al-fatihah, niatkan pahalanya untukku. Dan jika kamu mampu, bersedekahlah, bershalawatlah, beramallah, selipkan namaku dalam niatmu.

Jika aku mati, relakan aku. Aku tak mau seorangpun di hari aku meninggal meraung-raung dan meratap. Jika ada, katakan padanya untuk sabar, katakan padanya untuk beristigfar. Sudah waktunya aku pergi, Allah yang mengambilku. 

Jika aku mati dan dikubur, jangan bangun apa-apa di atas kuburanku. Jangan bangun apa-apa. Letakkan saja batu nisan  di ujung kepala dan kakiku sebagai pertanda bahwa akulah yang beristirahat di bawahnya.

Jika aku mati, ingatlah, kau juga akan mati suatu hari nanti. 

Jika aku mati, ziarahi kuburku, tapi jangan meratap. 

Jika aku mati, wakafkan dan sedekahkan semua barang-barang yang kutinggalkan. Atau, bagilah sesuai dengan ilmu mawaris yang Allah dan Rasul ajarkan. Jangan berkelahi, jangan berebut, jangan bertikai. Itu akan menyakitiku.

Jika aku mati, setidaknya lagi, kirimkan aku al-fatihah. Jangan bawakan aku bunga tanda sukacita. Bunga itu akan layu dan kering sementara jasadku di alam barzah tak menerima manfaat apa-apa. 

Allahumma ahyinaa bil iimaan, wa amitnaa bil iimaan, wa adkhilnaal jannata ma'al iimaan. Aaamiiin... 


4 komentar:

Orang bijak tinggalkan jejak :)

Masukan dan kritikan yang baik dan membangun sangat ana harapkan dari Anda. Silakan di koment ^_^